Senin, 11 Oktober 2010

Hal yang harus diingat untuk meneliti lokasi tempat usaha

1. Perhatikan akan katerbatasan modal. Sebelum Anda melakukan penelitian, tentu Anda telah dapat mengukur kemampuan keuangan Anda sendiri. Apakah tempat yang digunakan untuk berusaha tersebut akan disewa atau dibeli. Kalau harganya atau sewanya tidak cocok, tidak ada gunanya meneliti situasi lokasi tersebut lebih lanjut.

2. Pelajari lebih mendalam lokasi yang telah dipilih. Untuk Anda yang memilih jenis usaha toko atau jasa didaerah pemukiman, perlu juga dipertimbangkan hal-hal berikut, misalnya :

a. Kelompok kesukuan Dengan mengetahui berbagai macam suku yang mungkin berada didaerah tersebut, maka kita juga akan mengetahui kebutuhan spesifik dari kelompok tersebut.

b. Kepercayaan maupun kebudayaan Anda tentunya tidak akan menjual produk-produk yang tidak dikonsumsi oleh sebagian besar penghuni karena faktor tertentu.

c. Taraf hidup maupun daya belinya. Dengan pengamatan, Anda tahu produk dan jasa maupun kualitasnya yang perlu disediakan dan yang cocok untuk konsumen.

d. Jumlah pembeli yang diharapkan membeli. Hal ini diperlukan untuk menetapkan banyaknya macam-macam penjualan atau rata-rata nilai penjualan setiap harinya untuk memperkirakan perputarannya.

3. Potensi perkembangan daerah. Selidiki sebelumnya bahwa daerah yang telah Anda pilih merupakan daerah yang berkembang dan tumbuh dengan cepat atau sebaliknya. Hal ini dapat Anda tanyakan kepada pihak perusahaan yang membangun perumahan atau developer. Misalnya tahap-tahap pembangunan rumah-rumah baru, juga banyaknya usaha yang sudah ada. Misalnya kalau tahap Ke I baru dibangun 200 rumah, diharapkan tahap berikutnya sudah dibangun 400 rumah dalam tahun yang sama.

http://cooperative-naive.forumotion.net/management-articles-f27/teliti-memilih-lokasi-usaha-t51.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar